Minggu, 26 Februari 2017

Tips Ujian Nasional Online

Simak Tips Lancar dan Nyaman Menghadapi Ujian Nasional Online 

 

 Ujian Nasional (UN) sudah di depan mata! Kamu tentu tahu, dong, bahwa pelaksanaan UN 2016 dibagi menjadi dua, yakni Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT) atau yang disebut juga dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Apabila sekolahmu termasuk dalam daftar pelaksanaan UNBK, kamu harus membekali diri dengan persiapan khusus. Tapi, jangan merasa grogi, Selama kamu mengikuti tips di bawah ini, kamu pasti dapat melalui UNBK dengan lancar dan sukses.




Pelajari Kisi-Kisi SKL UN 2016

Jangan merepotkan dirimu sendiri dengan mempelajari semua materi yang kamu dapat selama tiga tahun bersekolah di SMA. Tim dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sudah membuat kisi-kisi soal UN 2016 agar kamu  dapat memenuhi nilai Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Jadi, pelajari kisi-kisi soal UN 2016 dengan baik. Buatlah rangkuman materi berdasarkan kisi-kisi tersebut.
Adanya kisi-kisi UN 2016 yang dikeluarkan oleh BSNP ini akan sangat membantumu dalam mempelajari materi. Waktumu juga akan banyak tersimpan karena tidak perlu membaca materi yang tidak akan muncul dalam soal-soal UN 2016. Ingat, ya, kisi-kisi yang benar dan resmi hanya dikeluarkan oleh BSNP. Jadi, selalu aktiflah mencari informasi dari teman-teman atau guru-guru di sekolahmu.

Jaga Perasaan agar Selalu Tenang

Wajar saja, kok, apabila kamu merasa tegang menjelang UN. Rasanya jantung selalu berdegup dengan kecepatan di atas rata-rata. Tapi, kamu tetap harus berusaha untuk selalu tenang. Beberapa menit sekali, tarik napas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik, lalu hembuskan perlahan. Kamu juga bisa mencoba menenangkan diri dengan mendengarkan musik-musik bernada slow.
Sikap yang tenang akan membuatmu dapat mengerjakan soal-soal UNBK 2016 tanpa tergesa-gesa. Bayangkan apabila kamu tidak dapat mengendalikan perasaanmu, bisa-bisa kamu akan melakukan kesalahan dalam pengerjaan soal di komputer. Kamu tentu tidak mau, kan, hal tersebut terjadi? Oleh sebab itu, usahakan untuk menjaga sikap dan perasaan agar selalu tenang dan terkendali.

Banyak Berlatih Soal UN

Pernah mendengar ungkapan dalam Bahasa Inggris yang berbunyi “practice makes perfect”? Hal tersebut bisa diterapkan dalam UN, lho. Dalam hal ini, latihan yang dimaksud hadis dalam bentuk soal-soal. Semakin banyak kamu berlatih mengerjakan latihan soal-soal UN, semakin kamu merasa terbiasa dan siap menghadapi UN sesungguhnya. Terlebih, kamu harus berhadapan dengan komputer sebagai media ujian.
Pihak sekolah pasti akan memberimu berbagai macam soal latihan, tapi tidak ada salahnya jika kamu menambah persediaan. Kamu bisa meminjam soal-soal latihan dari teman-teman dan menggandakannya di tempat fotokopi. Apabila kamu bersedia, kamu juga bisa menyisihkan sebagian uang sakumu untuk membeli buku kumpulan soal UN di toko buku. Jangan lupa untuk mendiskusikan jawaban pada guru atau teman, ya!

Pelajari Teknis Pelaksanaan UNBK

Namanya juga sistem pelaksanaan baru, tentu saja kamu harus mempelajari banyak hal tentang UNBK ini. Jangan sampai kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan ketika UNBK berlangsung. Tenang, pihak sekolah pasti akan melakukan sosialisasi dan simulasi UNBK, tapi tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencari informasi tambahan. Kamu bisa mendapatkannya di internet, kok.
Misalnya, nih, sebelum menjawab soal-soal pada layar komputer, ternyata kamu harus terlebih dulu melakukan log in dengan mengisi data diri kamu. Dan setelah waktu yang ditentukan untuk mengerjakan soal-soal telah habis, sistem komputer akan log out dengan sendirinya. Info-info seperti itulah yang harus kamu ketahui agar kamu tidak melakukan kesalahan selama UNBK berlangsung.

Periksa Ulang Data Diri dan Jawaban

Begitu kamu diperbolehkan untuk mengerjakan soal, pastikan untuk mengisi form data diri terlebih dahulu. Biasanya, pihak pengawas akan memberikan waktu tersendiri sekitar lima belas menit sebelum pengerjaan untuk melakukan log in pengisian data diri pada komputer. Tidak ada salahnya untuk kembali mengecek data diri yang telah kamu isi. Jangan sampai ada typo atau form yang belum kamu isi.
Jangan remehkan pengisian data diri ini, lho, Quipperrian. Misalnya, kamu lupa melakukan hal tersebut dan waktu pengerjaan telah habis. Tentu kamu tidak akan mendapat nilai karena kamu tidak terdaftar telah mengerjakan soal-soal UN. Cukup parah, kan, efeknya? Bisa-bisa kamu tidak melampaui nilai SKL dan terpaksa mengikuti ujian perbaikan.


Selain melakukan kelima tips di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan berdoa. Kamu tidak mau, kan, kondisi tubuhmu malah tumbang saat UN 2016 datang? Sedangkan, berdoa akan menjaga batinmu agar selalu tenang. Bagaimana, Quipperrian? Sekarang kamu sudah tidak merasa terlalu khawatir dengan UNBK, kan? 

sumber :https://video.quipper.com/id/blog/simak-tips-lancar-dan-nyaman-menghadapi-ujian-nasional-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Tentang Rapat

   A.    Pengertian Rapat Rapat merupakan pertemuan atau berkumpulnya minimal dua orang atau lebih untuk memutuskan suatu tujuan. Rapat j...